ANALISA
SISTEM LAYANAN DI JNE
Ø Sistem Layanan Informasi pada JNE
JNE merupakan
salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman dan logistic di
Indonesia. Saat ini JNE sudah menjadi penyedia jasa pengiriman barang yang
terkenal di seluruh Indonesia.Tak bisa dipungkiri hamper seluruh aktivitas jual
beli online atau pengiriman barang secara personal menggunakan jasa pengiriman
JNE
Perusahaan
yang mempunyai nama lengkap PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (Tiki JNE) ini
terkenal unggul karena ongkos kirimnya yang bisa dibilang murah dan kualitas
pelayanannya pun tak perlu diragukan lagi.
Dalam pelayanannya, JNE mempunyai ratusan
outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. JNE juga menciptakan aplikasi
berbasis Sistem Aplikasi yang bernama My JNE yang dapat di gunakan di akses di
smartphone.
My JNE adalah aplikasi berbasis android
yang menghubungkan nomor telepon pelanggan dengan seluruh kiriman yang dikirim
melalui JNE. Fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi my JNE ini pun terbilang
sudah cukup lengkap, yaitu terdapat MY TARIFF yang digunakan untuk mengecek
tariff pengiriman JNE seluruh Indonesia, kemudian MY SHIPMENT untuk mengecek
status pengiriman sendiri dan kiriman orang lain dengan lebih cepat, lalu MY
LOCATION untuk mengecek lokasi outlet pengiriman JNE terdekat, dan yang
terakhir adalah MY COD untuk membuat order dari toko online dan menggunakan JNE
sebagai mediasi pembayaran.
Sebelum saya membuat artikel ini saya
menyempatkan diri menuju kantor JNE terdekat dari rumah saya untuk mencari
berbagai informasi tentang JNE. Dan kebetulan saya diberi kesempatan untuk mewawancarai
salah satu pegawai JNE yang sedang sedikit senggang untuk mendapat informasi
tambahan seputar layanan pada JNE. Berikut hasil wawancaranya
·
Pewawancara :
Bagaimana
sistem pelayanan yang ada di JNE?
Narasumber :
Ya
pertama kita pastikan dulu barang apa yang mau dikirim, lalu jelasin dulu
beberapa service yang disediakan JNE, yaitu YES,Reguler,dan Ekonomi. Nah
setelah customer milih layanan apa yang mau dipakai kita buat dulu data nya
seperti kode barang, nama pengirim, alamat tujuan dan lain lain, setelah itu
kita masukin ke database JNE
·
Pewawancara :
Kendala
apa saja yang sering dialami dalam sistem pelayanan JNE?
·
Narasumber :
Yang
paling sering kejadian sih misalnya salah alamat, lalu pengiriman yang
terlambat juga sering terjadi. Ya biasa sih soalnya kan kejadian kejadian saat
pengiriman tidak ada yang bisa menebak seperti hujan, macet dan sebagainya
·
Pewawancara :
Apakah
JNE memiliki layanan Sistem Informasi dan dalam bentuk apakah layanan Sistem
Informasi itu?
·
Narasumber :
kita
ada layanan Sistem Informasi berbasis aplikasi android yang namanya My JNE
·
Pewawancara :
Apa
manfaat yang diterima JNE dengan adanya aplikasi My JNE?
·
Narasumber :
Sebenernya
yang nerima manfat My JNE bukan Cuma dari pihak perusahaan saja, tapi pelanggan
juga merasakan manfaatnya, contoh manfaat dari sistem informasi nya tuh seperti
pelanggan bisa tahu tentang perkiraan ongkos kirim, estimasi dan keterlambatan
pengiriman, lebih efisien juga, lalu mempermudah customer untuk tracking resi
dari barang yang dikirim.
·
Pewawancara :
Apakah
ada perbedaan operasional sebelum dan sesudah menggunakan layanan sistem
informasi seperti My JNE?
·
Narasumber :
Untuk
pelayanan operasional perbedaan tidak terlalu signifikan tapi ya cukup
membantu. Misal sebelum ada sistem informasi ini pelanggan harus dating ke
kantor JNE terdekat untuk mengecek status pengiriman, tentunya kami harus
melayani pelanggan, nah dengan adanya sistem informasi ini pelanggan dapat
mengecek status pengirimannya di web langsung
·
Pewawancara :
Terakhir,
kendala apa saja yang sering terjadi pada layanan sistem informasi?
·
Narasumber :
Ya,
sebenarnya tidak ada aplikasi yang sempurna jadinya dalam setiap aplikasi
termasuk My JNE juga sempat beberapa kali mengalami error, namun IT kami dapat
menanganinya dengan baik. Pernah terjadi yang paling parah yaitu layanan ini
tidak bisa di akses selama kurang lebih 3 jam dan itu terjadi beberapa kali.
Ø Kesimpulan
Aplikasi ini betujuan untuk memudahkan
para pelanggan JNE dalam melacak paket yang mereka kirim/pesan. Dengan adanya
aplikasi my JNE ini maka para pelanggan tidak perlu repot-repot untuk pergi ke
outlet JNE terdekat, hanya tinggal memasukkan nomor resi kemudian akan
muncullah status barang yang masih dalam pengiriman oleh JNE
Aplikasi ini juga ditujukan bagi para
pelanggan yang ingin mengirim barang, mereka tak perlu khawatir akan mendapat
ongkos kirim yang mahal, karena dengan aplikasi yang disediakan oleh JNE maka
pelanggan bisa mengecek terlebih dahulu berapa ongkos kirim yang akan mereka
tanggung setiap kg-nya.
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar