Senin, 01 April 2019

ANALISA SISTEM LAYANAN DI JNE


ANALISA SISTEM LAYANAN DI JNE

Ø        Sistem Layanan Informasi pada JNE

      JNE merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman dan logistic di Indonesia. Saat ini JNE sudah menjadi penyedia jasa pengiriman barang yang terkenal di seluruh Indonesia.Tak bisa dipungkiri hamper seluruh aktivitas jual beli online atau pengiriman barang secara personal menggunakan jasa pengiriman JNE

      Perusahaan yang mempunyai nama lengkap PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (Tiki JNE) ini terkenal unggul karena ongkos kirimnya yang bisa dibilang murah dan kualitas pelayanannya pun tak perlu diragukan lagi.

      Dalam pelayanannya, JNE mempunyai ratusan outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. JNE juga menciptakan aplikasi berbasis Sistem Aplikasi yang bernama My JNE yang dapat di gunakan di akses di smartphone.

      My JNE adalah aplikasi berbasis android yang menghubungkan nomor telepon pelanggan dengan seluruh kiriman yang dikirim melalui JNE. Fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi my JNE ini pun terbilang sudah cukup lengkap, yaitu terdapat MY TARIFF yang digunakan untuk mengecek tariff pengiriman JNE seluruh Indonesia, kemudian MY SHIPMENT untuk mengecek status pengiriman sendiri dan kiriman orang lain dengan lebih cepat, lalu MY LOCATION untuk mengecek lokasi outlet pengiriman JNE terdekat, dan yang terakhir adalah MY COD untuk membuat order dari toko online dan menggunakan JNE sebagai mediasi pembayaran.

      Sebelum saya membuat artikel ini saya menyempatkan diri menuju kantor JNE terdekat dari rumah saya untuk mencari berbagai informasi tentang JNE. Dan kebetulan saya diberi kesempatan untuk mewawancarai salah satu pegawai JNE yang sedang sedikit senggang untuk mendapat informasi tambahan seputar layanan pada JNE. Berikut hasil wawancaranya

·         Pewawancara  :

Bagaimana sistem pelayanan yang ada di JNE?

Narasumber     :

Ya pertama kita pastikan dulu barang apa yang mau dikirim, lalu jelasin dulu beberapa service yang disediakan JNE, yaitu YES,Reguler,dan Ekonomi. Nah setelah customer milih layanan apa yang mau dipakai kita buat dulu data nya seperti kode barang, nama pengirim, alamat tujuan dan lain lain, setelah itu kita masukin ke database JNE



·         Pewawancara :

Kendala apa saja yang sering dialami dalam sistem pelayanan JNE?

·         Narasumber     :

Yang paling sering kejadian sih misalnya salah alamat, lalu pengiriman yang terlambat juga sering terjadi. Ya biasa sih soalnya kan kejadian kejadian saat pengiriman tidak ada yang bisa menebak seperti hujan, macet dan sebagainya



·         Pewawancara  :

Apakah JNE memiliki layanan Sistem Informasi dan dalam bentuk apakah layanan Sistem Informasi itu?

·         Narasumber     :

kita ada layanan Sistem Informasi berbasis aplikasi android yang namanya My JNE



·         Pewawancara  :

Apa manfaat yang diterima JNE dengan adanya aplikasi My JNE?

·         Narasumber     :

Sebenernya yang nerima manfat My JNE bukan Cuma dari pihak perusahaan saja, tapi pelanggan juga merasakan manfaatnya, contoh manfaat dari sistem informasi nya tuh seperti pelanggan bisa tahu tentang perkiraan ongkos kirim, estimasi dan keterlambatan pengiriman, lebih efisien juga, lalu mempermudah customer untuk tracking resi dari barang yang dikirim.



·         Pewawancara  :

Apakah ada perbedaan operasional sebelum dan sesudah menggunakan layanan sistem informasi seperti My JNE?

·         Narasumber     :

Untuk pelayanan operasional perbedaan tidak terlalu signifikan tapi ya cukup membantu. Misal sebelum ada sistem informasi ini pelanggan harus dating ke kantor JNE terdekat untuk mengecek status pengiriman, tentunya kami harus melayani pelanggan, nah dengan adanya sistem informasi ini pelanggan dapat mengecek status pengirimannya di web langsung



·         Pewawancara  :

Terakhir, kendala apa saja yang sering terjadi pada layanan sistem informasi?

·         Narasumber     :

Ya, sebenarnya tidak ada aplikasi yang sempurna jadinya dalam setiap aplikasi termasuk My JNE juga sempat beberapa kali mengalami error, namun IT kami dapat menanganinya dengan baik. Pernah terjadi yang paling parah yaitu layanan ini tidak bisa di akses selama kurang lebih 3 jam dan itu terjadi beberapa kali.



Ø    Kesimpulan



      Aplikasi ini betujuan untuk memudahkan para pelanggan JNE dalam melacak paket yang mereka kirim/pesan. Dengan adanya aplikasi my JNE ini maka para pelanggan tidak perlu repot-repot untuk pergi ke outlet JNE terdekat, hanya tinggal memasukkan nomor resi kemudian akan muncullah status barang yang masih dalam pengiriman oleh JNE

      Aplikasi ini juga ditujukan bagi para pelanggan yang ingin mengirim barang, mereka tak perlu khawatir akan mendapat ongkos kirim yang mahal, karena dengan aplikasi yang disediakan oleh JNE maka pelanggan bisa mengecek terlebih dahulu berapa ongkos kirim yang akan mereka tanggung setiap kg-nya.



Sumber:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FAKTOR FAKTOR YANG MENJADIKAN PESAT PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI

1. Faktor Sosial       Triandis (1980) mendefinisikan faktor sosial sebagai internalisasi individu dari referensi kelompok budaya subyektif ...